Wisata Penuh Gaya di Johannesburg

by - 1:59 AM



Apa yang terbesit di benak Anda ketika mendengar negara Afrika? Apakah gurun savanna penuh hewan liar? Atau negara miskin yang penuh wabah penyakit? Semua hal-hal menakutkan tentang Afrika bisa berubah ketika Anda menginjakkan kaki di Johannesburg, Afrika Selatan. Kota urban terbesar di Afrika Selatan ini tidak hanya memiliki sejarah politik yang kaya budaya tapi kini ia telah berkembang menjadi kota modern yang mengagumkan.


Kesan kosmopolitan langsung terasa sesaat Anda tiba di O.R. Tambo International Airport. Lengkapnya informasi dan fasilitas yang tersedia di bandar udara ini membuat perjalanan internasional Anda terasa nyaman. Mudahnya akomodasi dan transportasi yang bisa Anda pilih mulai dari kereta, bus, sampai taksi, sangat memanjakan Anda.


Banyak hal yang bisa Anda kunjungi selama berada di Johannesburg. Mulai dari museum, galeri, kebun binatang, mall, sampai kehidupan malam yang eksotik. Salah satu tujuan yang paling populer di kota ini adalah Apartheid Museum yang berlokasi di Golden Reef City. Di dalam museum ini, Anda bisa melihat ilustrasi dari berbagai seniman yang menceritakan awal kemunculan Apartheid sampai keruntuhannya. Dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan ke daerah Soweto, sebuah kota yang memiliki populasi penduduk tertinggi di Johannesburg. Di dalamnya Anda bisa mengunjungi stadium sepak bola yang juga sempat digunakan untuk Piala Dunia 2010.

Jembatan Nelson Mandela yang menghubungkan pusat bisnis dengan pusat budaya Johannesburg wajib Anda kunjungi. Disekitar jembatan ini ada daerah Braamfontein. Beragam landmark ikonik kota Johannesburg terletak di daerah ini. Salah satu yang terkenal adalah sebuah patung banteng setinggi 5,5 meter di sudut jalan bernama Statue of an Eland. Berjalan sedikit dari Statue of Eland, Anda bisa merasakan keramahan kota yang kaya budaya di Jalan 70 Juta, Braamfontein. Jalan yang terkenal dengan butik lokal yang unik berhias seni jalanan yang penuh warna atraktif.  Di sini juga terdapat Neighbourgoods Market, sebuah pasar urban terbesar di Johannesburg dengan atmosfer kreatif.  Tempat yang tepat untuk Anda mengabadikan foto Anda ke sosial media.


Bergeser sedikit dari Braamfontein, ada daerah Maboneng yang tak kalah menarik. Di sini Anda bisa melihat sebuah lukisan Nelson Mandela yang tengah bertinju tergambar di sebuah gedung setinggi 40 meter.  Lukisan jalanan karya Ricky Lee Gordon ini langsung menjadi ikon dari daerah Maboneng, Johannesburg. Selain seni jalanan, ada beragam tempat menarik lainnya seperti bar di atap gedung, bioskop indipenden, dan juga tempat pembuatan bir yang otentik. Maboneng juga dikenal sebagai tempat lahirnya berbagai seniman Afrika yang mendunia.


Bagi Anda yang suka berbelanja, Johannesburg memiliki dua jenis pusat perbelanjaan di dua daerah berbeda. Di kawasan metropolitan Sandton, Anda bisa menikmati beragam pilihan mall yang menawarkan produk-produk high end dari rumah mode dan desainer kenamaan dunia. Namun, jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih tradisional dan otentik, Anda bisa mengunjungi Rosebank Arts & Crafts Market. Di sini Anda bia mendapatkan beragam suvenir khas dari Afrika seperti alat musik Bongo, aksesori, lukisan, dan banyak lagi lainnya.

Jangan tinggalkan Afrika tanpa melihat kehidupan kawanan Singa di alam bebas. Lion Park di Johannesburg merupakan rumah dari para Singa, Jerapah, Zebra, dan hewan liar yang dilindungi lainnya. Di taman seluas dua kilometer ini Anda bisa bersafari melihat keluarga singa di savanna atau bisa juga memberi makan langsung jerapah atau anak-anak singa yang ada.

Untuk melengkapi malam Anda di Johannesburg, kunjungi daerah Melville yang memiliki  beragam bar dan klub ternama. Ada sebuah kata familiar yang wajib Anda ketahui dari daerah ini yaitu, “Jo’burg Joller” yang artinya “Johannesburg si tukang pesta”. Anda juga bisa menikmati pertunjukkan musikal ataupun opera yang diadakan di Johannesburg Civic Theatre atau Anda bisa juga mengunjungi Mary Fitzgerald Square, sebuah area publik yang biasa dijadikan tempat untuk melakukan pertunjukkan beragam seni di pinggir jalan. Benar-benar kota yang yang penuh petualangan yang berkesan. 

You May Also Like

0 comments